Oleh - oleh hari ini setelah tadi CEO trainingukm.com memberi materi tentang entrepreneurship / Kewirausahaan dalam sebuah forum mahasiswa dan umum di Sidoarjo Jawa Timur. Kami ingin membagikan 3 Kunci sukses usaha wirausaha di 2022 pada sahabat yang terus belajar melalui website Training UKM. Catat dan Praktekkan langkah demi langkah, agar sesuai dengan Target yang Anda harapkan. Sehingga bisnis Anda dapat Anda pantau melalui Dashboard yang Anda dapat pantau dan kendalikan kemudinya. Untung Rugi, Gagal maupun Sukses Bisnis karena Anda bukan orang lain.

3 Kunci sukses usaha wirausaha di 2022 by trainingukm
3 Kunci sukses usaha wirausaha di 2022 by trainingukm

Baca Juga : Cara Jualan yang baik dengan menggunakan Instagram

Mindset Kewirausahaan 

Kita mungkin sering mendengar bahwa kalau mau jadi pengusaha butuh mindset jadi pengusaha. Sebagian orang memandang itu adalah mindset kewirausahaan. Ada juga yang memandang itu sebagai Karakter / Jiwa / lainnya. 

Kewirausahaan memang dipelajari di kampus, dan juga di bangku sekolah saat ini. Namun seperti yang kita lihat di sekitar Kita, Masih minim orang yang mengambil jalur wirausaha murni karena keinginan dan dukungan lingkungan. 

Sebagian besar di lapangan banyak yang jadi wirausaha karena tekanan, karena turunan dan karena ikut- ikutan. Sehingga mental / pola mindset kewirausahaan yang dimiliki belum terasah sepenuhnya. Jadi apa yang perlu dilatih pada mindset kewirausahaan ? 

Selama Kami menjalankan bisnis lebih dari 15 tahun, Ternyata banyak wirausaha yang belum siap Jatuh karena terbiasa bisnisnya untung. Banyak yang belum siap rugi, sehingga ketika mengalami rugi menyalahkan orang lain, menyalahkan yang memberi saran dan bahkan menyalahkan Tuhan. Padahal, yang perlu Kita pahami bahwa, ini soal Mindset.

Menjadi seorang Wirausaha, rugi itu adalah resiko, untung juga resiko dan dampak dari bisnis yang dijalankan. Jadi poin penting dari yang disampaikan oleh CEO Training UKM pada Forum tadi siang bahwa : Seorang Entreprenur harus siap UNTUNG tetapi juga sebaliknya pejuang Wirausaha harus siap RUGI.

Jadi bila Anda sudah siap keduanya, apapun resiko dari Anda menjalankan usaha. Tentu Anda sudah Siap. Bisnis untung Alhamdulillah, Bisnis Rugi ? tetap Naudzubillah... Jangan jadi kenyataan yha...^_^  Semampu mungkin, Kita upayakan maksimal agar bisnis yang dibuka tidak sampai rugi / hancur lebur. Meskipun hal itu berdasarkan pengalaman pribadi maupun banyak praktisi wirausaha lain. Pada umumnya pengusaha telah menghabiskan jatah GAGALnya. Dalam artian, para praktisi wirausaha telah melalui fase rugi, ditipu partner, mitra, vendor, gagal bayar dsb. 

Hal ini Kami sebut sebagai Entrepreneur Mindset yang perlu disiapkan oleh para Calon Wirausaha baru. Sehingga Wirausaha memiliki sikap yang tidak mudah menyerah dan Memiliki mental yang Tangguh. 

Baca juga : Cara Memulai bisnis dari Nol

Ide bisnis yang solutif

Memiliki ide bisnis saja di 2022 boleh jadi belum layak untuk dijalankan. Tetapi, Ide Bisnis yang solutif, dalam artian punya Value mampu memberikan solusi saat ini sangat dibutuhkan pasar. Era Ide Bisnis yang kreatif dan inovatif mungkin kuran dinamis saat ini. Kreatif dan Inovatif sangat menarik, tetapi belum tentu dapat diterima pasar, dapat dibuat massal produknya dsb. 

Sementara itu, tidak semua orang dapat mempunyai intuisi kreatif dan inovatif. Nah, tips sederhana dari tim trainingUKM, Untuk memudahkan hal tersebut, coba berpikir solusi. Ketika di sekitar tempat tinggal Anda ternyata belum ada / jauh dari tempat foto copy dan kebutuhan print meski Anda tinggal di kota besar. Boleh jadi itu adalah peluang yang dapat menjadi solusi dan dibutuhkan pasar. Daripada buka usaha sejenis dengan radius 100 meter s.d 1 km dari tempat tinggal Anda. 

Ide bisnis yang solutif di tahun 2022 ini sangat dibutuhkan, terlebih di era pandemi seperti yang kita jalani bersama ini. Ketika ramai produk masker, sebagian besar umkm ukm ikutan bikin masker. alhasil, akhirnya rebutan pasar masker dan banyak pelaku usaha kecil yang rugi juga dari bisnis masker. Padahal ada nieche / ceruk yang lebih dapat diperdalam di persempit lagi ke area kebutuhan lain, seperti produk kebutuhan perbaikan rumah, perawatan kulit selain perawatan kesehatan tubuh dimana pertumbuhannya sangat tinggi di saat pandemi. Oleh karena, banyak para pekerja dan pengusaha yang sedang melakukan WFH (Work From Home). Order via online sampai di rumah tanpa harus keluar rumah. 

Berani praktek buka usaha sendiri 

Ketika Mindset Kewirausaha sudah dimiliki, Kemudian Ide bisnis yang Solutif juga punya. Tinggal mau Action dan tidaknya. Nah, wirausaha itu tatarannya praktek. Bukan berhenti pada wacana dan diskusi teori dan konsep. Sehingga Berani praktek buka usaha sendiri itu adalah poin final yang dapat menguji sebuah bisnis dapat diterima pasar atau tidaknya. Sehingga ketika Sebuah bisnis sudah dijalankan baru dapat dianalisa lebih dalam tentang keberlanjutan bisnis di masa depan. 

Agar dapat Berani praktek buka usaha sendiri biasanya diperlukan kondisi mental berupa pikiran dan perasaan yang mendukung. Kekuatan pikiran dan perasaan akan sangat berpengaruh terhadap diri seseorang pelaku usaha mandiri. Keberanian ini dapat dipersiapkan sebelumnya dengan semisal, praktek jualan langsung, praktek ikut bisnis orang lain meski hanya magang ataupun harus kerja freelance dsb.

Jadi sebagai wirausaha baru sebaiknya Anda juga memiliki Mentor Bisnis, memiliki lingkungan yang kondusif dimana lingkungan itu mendukung Anda berbisnis bukan sebaliknya. Hati - hati perhatikan filter diri Anda terhadap semua informasi yang Anda terima. Karena, itu dapat menjadi sebuah motivasi yang bermanfaat atau bahkan sebaliknya justru jadi "racun" dalam mindset yang dapat men demotivasi Anda. 

So, Sudah Berani praktek buka usaha sendiri ? lanjutGAN. Selamat berjUANG jadi Wirausaha !

Artikel menarik lainnya baca : Bisnis Sampingan Karyawan Modal Kecil