Usaha Kecil Meneengah atau yang biasa disebut dengan UKM, adalah salah satu pola wirausaha mandiri yang mengacu kepada jenis usaha kecil. Contoh beberpa jenis UKM yang ada di Indonesia seperti bidang fashion, kuliner, otomotif, pendidikan, teknologi internet, agribisnis dan lain sebagainya. Ya, jenis usaha tersebut bisa dijangkau dengan modal yang tidak terlalu besar. Usaha juga dapat dikembangkan dengan melakukan teknik Pemasaran Efektif untuk UKM Berbasis Offline Online. Silahkan simak tulisan ini sampai habis semoga dapat menambah wacana Anda. 

Pemasaran Efektif untuk UKM Berbasis Offline dan Online


Pemasaran Efektif untuk UKM Berbasis Online
Pemasaran Efektif untuk UKM Berbasis Offline dan Online


Para pelaku usaha UKM kini memiliki ruang gerak yang lebih leluasa dalam berkreasi dan menuangkan konsep jenis usaha yang dipilih karena dukungan dari pemerintah. Saat ini jumlah para pelaku usaha UKM telah mencapai puluhan juta orang dan sudah setingkat dengan persaingan, sehingga dalam pola pemasarannya menunutut si pelaku usaha untuk berkreativitas lebih. Akan tetapi, baru sekitar 10 % saja pelaku UKM yang memilih strategi pemasaran online. Tak terkecuali pada bisnis offline yang memproduksi barang sendiri, kini juga siap untuk dipasarkan melalui sistem online.

Jika dilihat dari sisi produksi, bisnis UKM berbasis online ini sudah tidak lagi ada kendala, begitu juga dalam pemasarannya di era yang serba canggih ini. Para pelaku UKM tidak segan-segan memperkenalkan produknya di dunia internasioanl karena era perdagangan bebas yang terjadi saat ini. Ya, salah satu cara pemasaran online UKM ini adalah dengan memanfaatkan marketplace.

Pemasaran Efektif untuk UKM Berbasis Online

Pemasaran online UKM dengan menggunakan marketplace yang tersedia di dalam dan luar negeri nantinya akan memberikan jangkauan pemasaran yang lebih besar lagi. Beberapa marketplace tersebut diantaranya adalah Tokopedia, Lazada, Shopee, Buka Lapak, OLX, JD ID, Bli Bli dan lain sebagainya. Nah, sedangkan marketplace yang dapat menjangkau pasar Internasional dapat anda temukan di Alibabagroup, Tmall, eBay, Taobao, Amazon, Walmart, Bestbuy, SnapDeal, dan lain sebagainya.

Pemasaran untuk UKM berbasis online ini bekerja sama dengan kurir ekspedisi yang tentunya memiliki kompetensi tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para customer. Pelayanan terbaik inilah yang nantinya dapat mengangkat citra pola pemasaran berbasis online menjadi salah satu alternatif terbaik di masa kini. Dibutuhkan skill Marketing Online / Digital Marketing Agency yang support bisnis Anda.

Cara Pemasaran UKM Berbasis Online

Dengan melalui pemasaran UKM berbasis online, dapat menjadikan jangkauan pemasaran menjadi lebih luas dan tidak terbatas. Para cutsomer dapat menemukan produk anda dimanapun mereka berada selama bisa mengakses internet, termasuk kemudahan dalam pembayaran. Akan tetapi bagi sebagian para pelaku UKM yang tidak ingin repot mengakses marketplace, dapat menempuh pemasaran efektif berbasis online dengan cara berikut ini.

1. Memiliki Website atau Toko Online

Bagi pelaku UKM yang ingin memperluas jangkauan promosinya, tentu harus memiliki website sebagai wadah komunkasi anatar pelaku UKM dengan calon konsumen. Para pelaku UKM harus menjalankan berbagai teknik optimasi agar mendatangkan banyak pengunjung ke websitenya sehingga memperbesar peluang terjadinya transaksi jual beli. Bila belum bisa yang berbayar cobalah buat dengan blog atau website gratis seperti website yang ini Training UKM.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Pelaku usaha UKM bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan branding supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya adalah media yang tepat untuk beriklan gratis.


3. Email Marketing

Pemasaran online yang efektif untuk UKM juga bisa dengan menjalankan email marketing. Sebaiknya anda mencoba untuk menggunakan strategi pemasaran online UKM dengan berbagai penawaran menarik seperti konten copy writing. Ya, menggunakan email marketing ini masih mendapat banyak respon yang baik dari para konsumen.

4. Manfaatkan Situs Penyedia Iklan

Anda juga bisa memasang iklan melalui situs penyedia iklan seperti Facebook Ads, Google adwords, Instagram Ads dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan platform iklan ini, maka pengiklanan UKM anda akan semakin luas dan optimal agar jumlah pengunjung ke toko online anda semakin meningkat.


Itulah beberapa cara pemasaran efektif untuk UKM berbasis online yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat agar usaha UKM yang dikembangkan semakin meningkat.